Jum'at, 24 Januari 2020

Kankemenag Jember Gelar Pembinaan Kelompok Bimbingan Manasik Haji

 

Kankemang Jember Gelar Pembinaan Kelompok Bimbingan Manasik Haji

Kab. Jember (Humas), Kantor Kementerian Agama Kabupaten jember menggelar pembinaan untuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji ( KBIH ) bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab. Jember yang diikuti oleh 80 peserta, Senin    (7/10).  Menurut amanat UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh mengamanatkan perlunya penyempurnaan system dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji secara terus menerus agar penyelenggaraan ibadah haji dapat berjalan aman, tertib, dan lancar dengan menjunjung tinggi asas keadilan, profesionalitas dan akuntabilitas.

Kepala Kankemenag Kab. Jember H. Muhammad yang membuka langsung kegiatan ini menyampaiakan bahwa guna meningkatkan kualitas pelayanan ibadah sekaligus kualitas ibadah haji Indonesia . Maka Kementerian Agama melakukan evaluasi terhadap efektifitas pelaksanaan tugas kelompok Bimbingan Manasik Haji sehingga mampu menghasilkan para pembimbing jamaah haji yang mumpuni bertanggung jawab dan professional dalam mengemban tugas mendampingi Calon Jamaah Haji , beliau menyampaikan bahwa tujuan ini untuk meningkatkan profesionalisme pembimbing haji dalam mengarahkan dan memberikan bimbingan calon jamaah haji dalam pelaksanaan ibadah haji ke tanah suci serta untuk mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin, menyesuaikan diri dengan lingkungan jamaah serta lingkungan kerjanya dalam mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi jamaah, harapannya KBIH mempunyai standar kompentesi yang sama dalam hal pembimbingan Jamaah, sehingga kualitas pelayanan penyelenggaraa ibadah haji terus mengalami peningkatan sehingga dapat mewujudkan kepuasan pelayanan oleh masyarakat.

Selanjutnya pembinaan dilanjutkan dengan pemberian materi dan diskusi  serta tanya jawab       oleh Kasi Haji dan Umroh  H. Tolabi tentang Kebijakkan Pemerintah Dalam Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh. Ratna