Berita

100 PNS Jabatan Pelaksana Pada Satuan Kerja Kantor Kemenag Jember Ikuti Uji Kompetensi Jabatan Pelaksana

Rabu, 20 Desember 2023 21:08 WIB
  • Share this on:

Jember (Humas) – Sebanyak 100 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan jabatan Pelaksana di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jember mengikuti Uji Kompetensi Jabatan Pelaksana secara daring/online berbasis CAT (Computer Assisted Test) di 2 (dua) titik lokasi di MAN 1 Jember dan MAN 2 Jember. Kegiatan ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia pada hari Rabu, (20/12/2023).

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nizar Ali, yang turut hadir secara virtual. Dalam sambutannya, Nizar Ali menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi merupakan amanat Undang-undang yang harus dilaksanakan oleh setiap lembaga atau Kementerian, khususnya berdasarkan UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Pengembangan Pegawai Negeri Sipil harus dilakukan dengan memperhatikan kualifikasi, kompetensi, penilaian kinerja, dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas," ungkap Nizar Ali. Beliau menekankan bahwa Undang-undang ini menegaskan pentingnya pengembangan pegawai negeri untuk memastikan bahwa ASN memiliki kualifikasi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Uji kompetensi ini mencakup berbagai aspek yang relevan dengan jabatan Pelaksana di Kementerian Agama diantaranya kompetensi teknis, manajerial, dan sosio kultural. Peserta diharapkan dapat menguasai materi-materi terkait dan menjawab soal-soal uji kompetensi dengan baik. Proses uji kompetensi dilakukan secara daring dengan menggunakan sistem CAT untuk memastikan objektivitas dan akurasi penilaian.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama juga mengapresiasi partisipasi aktif PNS di seluruh Indonesia yang turut serta dalam uji kompetensi ini. Beliau berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan gambaran yang jelas mengenai kualifikasi dan kompetensi para PNS, sekaligus menjadi langkah strategis dalam pengembangan ASN secara keseluruhan.

Acara ini menjadi momen penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme pegawai negeri, sejalan dengan komitmen untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat.

Editor:
Holid Hikmatullah
Kontributor:
Holid Hikmatullah
Penulis:
Holid Hikmatullah
Fotografer:
Asri Yulianti

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -