Berita

Kepala Kantor Kemenag Kab. Jember Beserta Istri, Hadiri Kegiatan Penguatan Kapasitas Aktor Moderasi Beragama di Surabaya

Selasa, 23 April 2024 14:30 WIB
  • Share this on:

Surabaya (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember, Dr. Akhmad Sruji Bahtiar, M.Pd.I beserta istri, turut hadir dalam kegiatan Penguatan Kapasitas Aktor Moderasi Beragama yang digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur. Acara ini berlangsung di Hotel Vasa Surabaya, Selasa, (23/04/2024), dan dihadiri oleh Para Pejabat Administrator Kanwil Kemenag beserta isteri, Kepala Kankemenag Kab/Kota se- Jawa Timur beserta isteri, Kasubag TU, Para Kakanwil purna tugas dan Pejabat Eselon III yang purna tugas, Pokjaluh, MGMP, dan KKG PAI Jatim.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan komitmen para aktor moderasi beragama di lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur dalam mewujudkan moderasi beragama. Hal ini menjadi langkah penting dalam menjaga harmoni dan toleransi di tengah masyarakat yang beragam.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para aktor moderasi beragama dalam merumuskan strategi dan program aksi moderasi beragama. Selain itu, membangun jejaring dan sinergi antar aktor moderasi beragama di lingkungan Kanwil Kemenag Jatim juga menjadi fokus utama.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Jember H. Akhmad Sruji Bahtiar menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam mendukung upaya penguatan moderasi beragama di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Timur. "Moderasi beragama merupakan landasan yang kuat bagi terciptanya kehidupan beragama yang damai, toleran, dan menghargai perbedaan," ujarnya.

Beliau juga menambahkan bahwa partisipasi dalam kegiatan ini memberikan kesempatan berharga bagi para peserta, termasuk dirinya sendiri, untuk memperdalam pemahaman tentang nilai-nilai moderasi beragama dan meningkatkan keterampilan dalam mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. "Kami berharap melalui kegiatan ini, kami semua dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut, H. Akhmad Sruji Bahtiar juga mengapresiasi inisiatif dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur dalam menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat ini. "Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang telah diberikan. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang optimal bagi semua pihak yang terlibat," tandasnya.

Beliau berharap, dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadi momentum penting dalam menguatkan kapasitas para aktor moderasi beragama di lingkungan Kanwil Kemenag Jatim, sehingga mampu memainkan peran yang lebih efektif dalam mempromosikan perdamaian dan toleransi di tengah masyarakat yang beragam.

Salah satu highlight dari acara ini adalah kehadiran KH. Anwar Iskandar, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang bertindak sebagai narasumber. KH. Anwar Iskandar menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara bangsa memiliki banyak ragam perbedaan mulai dari suku, adat, budaya tradisi, agama dan kekayaan berbaur bersatu dalam satu falsafah hidup bersama dalam ideologi pancasila.

Persatuan dan kesatuan yang sudah terjalin erat berabad abad haruslah tetap dijaga dan di rawat janganlah tercerai berai. Arus perkembangan globalisasi dan keterbukaan informasi jangan menjadi penyebab hilangnya identitas jati diri bangsa jangan terpengaruh oleh faham ekstrimisme yang membenarkan pendapatnya sendiri. Bekali kehidupan berbangsa dengan moderasi beragama sebagai filter arus masuknya paham dan ideologi yang tidak sesui dengan kehidupan berbangsa. Moderasi merupakan faham yang mengambil jalan tengah tidak terlalu kekanan pada faham radikal dan tidak terlalu ke kiri pada faham liberal.

Editor:
Holid Hikmatullah
Kontributor:
Humas
Penulis:
Holid Hikmatullah
Fotografer:
Alief Fathoni

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -