Berita

81 Calon Petugas Haji Jember Ikuti Seleksi CAT Tahap Pertama

Rabu, 25 Januari 2023 18:24 WIB
  • Share this on:

Jember (Humas) – Sedikitnya 81 peserta mengikuti Seleksi Computer Assisted Test (CAT) tahap pertama rekrutmen PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Tahun 1444 H/2023 M, Rabu (25/1/2023) bertempat di Aula Kantor Kemenag Jember.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Jember yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Seleksi Drs. Ahmad Tholabi mengatakan bahwa tahapan pendaftaran sudah dilaksanakan, dimulai saat pendaftaran dibuka tanggal 6 s.d 13 Januari 2023 ada 68 pendaftar, setelah melalui verifikasi berkas oleh panitia di tetapkan 66 pendaftar lulus verifikasi berkas dan 1 pendaftar PPIH Kloter dan 1 pendaftar PPIH Arab Saudi dinyatakan tidak lulus verifikasi berkas. Kemudian berdasarkan edaran baru dari Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah tentang perpanjangan pendaftaran seleksi PPIH Tahun 1444 H/ 2023 M sampai dengan tanggal 20 Januari 2023, Alhamdulillah ada tambahan 18 pendaftar baru sehingga jumlah total ada 86 pendaftar. Dari total 86 pendaftar setelah di verifikasi berkas dokumen yang diserahkan ke panitia maupun dokumen yang di upload ada 5 pendaftar (1 Ketua kloter, 1 PPIH Arab Saudi, dan 3 Pembimbing Ibadah Haji) yang dinyatakan tidak memenuhi syarat/tidak lulus verifikasi berkas, sehingga jumlah pendaftar yang dapat mengikuti seleksi CAT tahap pertama sejumlah 81 peserta terdiri dari 47 peserta sebagai Ketua Kloter, 24 peserta sebagai Pembimbing Ibadah Haji, 5 peserta sebagai pelayanan akomodasi, dan 5 peserta sebagai pelayanan konsumsi.

Lebih lanjut Ahmad Tholabi mengatakan terkait dengan nilai yang akan di peroleh peserta nantinya ada 2 yang pertama akan diperoleh dari hasil CAT hari ini yang bobotnya sebesar 60% yang nilainya akan muncul otomatis setelah mengerjakan soal CAT di HP masing-masing peserta, kemudian yang 40% nilainya diperoleh dari portofolio peserta yang di ukur berdasarkan 3 hal yaitu pendidikan, masa kerja, dan pengalaman di bidang pelayanan haji dan umrah, ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Jember Muhammad, S.Sos, M.Pd.I saat membuka kegiatan seleksi berharap seleksi CAT hari ini berjalan dengan lancar, dengan banyaknya animo pendaftar sampai angka 81 bisa jadi hal ini menjadi sejarah tersendiri bagi Kantor Kemenag Jember selama mengadakan seleksi bagi calon petugas ibadah haji. Beliau berpesan dengan begitu banyaknya peserta yang mengikuti seleksi CAT kali ini tentunya tidak semua peserta bisa lolos seleksi tahap pertama karena terbatasnya kuota petugas haji, dan lolos tidaknya calon petugas ibadah haji tidak hanya mengandalkan ikhtiar dan do’a, tapi takdir Allah SWT juga yang menetukan. Oleh karena itu bagi yang tidak lolos nantinya jangan berkecil hati, karena kesempatan untuk melayani tamu-tamu Allah terbuka luas pada tahun-tahun yang akan datang.

Muhammad menambahkan dengan adanya seleksi CAT ini diharapkan calon petugas haji yang lolos nantinya betul-betul memiliki kompetensi, dedikasi, serta profesinalitas sesuai bidang tugasnya dalam melayani tamu-tamu Allah.

"Saya berharap kepada calon petugas yang nantinya lolos menjadi petugas haji dapat menjalankan tugasnya dengan baik membantu Jemaah haji selama berada di Arab Saudi. Terlebih musim haji tahun ini tidak ada lagi pembatasan usia Jemaah haji dengan kuota normal," pungkasnya. (hld)

Editor:
Holid Hikmatullah
Kontributor:
Holid Hikmatullah
Penulis:
Holid Hikmatullah
Fotografer:
Alief Fathoni

Kalender

April 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -