Berita

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Ajak ASN Tingkatkan Semangat Layanan untuk Indonesia Hebat Dan Jaga Netralitas Di Tahun Politik

Rabu, 3 Januari 2024 14:01 WIB
  • Share this on:

Jember (Humas) – Menteri Agama (Gusmen) H. Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama untuk meningkatkan semangat layanan kepada seluruh umat beragama. Dalam peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama, tema "Indonesia Hebat Bersama Umat" diusung sebagai panggilan untuk bersama-sama membimbing umat menuju Indonesia yang lebih baik.

Ajakan Menteri Agama tersebut tertuang dalam teks sambutan yang dibacakan oleh Bupati Jember H. Hendy Siswanto saat bertindak sebagai pembina apel peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama di alun-alun Kota Jember, Rabu (3/1/2023). Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Jember, Kepala Kantor Kemenag Jember, pejabat Forkopimda Jember, Pejabat Pengawas Kantor Kemenag Jember, mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Jember, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Jember, Ketua DWP Kantor Kemenag Jember, dan undangan lainnya serta di ikuti oleh ribuan peserta apel dari kalangan ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Jember.

Dalam sambutannya, Menteri Agama menyatakan, "Wujud dari bersama umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama. Mari kita wujudkan birokrasi yang melayani dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Pelayanan umat harus menjadi panggilan hati, bukan hanya kewajiban birokrasi."

Menteri Agama percaya bahwa dengan melandaskan pelayanan umat sebagai panggilan hati, akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak positif. "Kita akan betul-betul bersama umat, yang pada akhirnya akan mengantarkan Indonesia menuju kehebatan yang kita impikan," tambahnya.

Gusmen juga mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan. Dengan netralitas tersebut, diharapkan ASN dapat membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Terkait dengan pemilihan umum, Menteri Agama menekankan agar masyarakat tidak menggunakan politik identitas, terutama identitas keagamaan.

"Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita. Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, karena dampak negatifnya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa," ungkap Gusmen.

Di akhir sambutan Gusmen menyatakan pada Hari Amal Bakti ke-78 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 1.071 orang, 20 tahun kepada 2.810 orang, dan 10 tahun kepada 6.317 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

Pada acara Apel ini juga diserah terimakan piagam penghargaan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab Jember Akhmad Sruji Bahtiar kepada Bupati Jember H. Hendy Siswanto atas support, sinergitas, dan kolaborasi yang dibangun bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Selain itu juga diserah terimakan penghargaan kepada individu-individu yang telah membawa nama baik Kantor Kemenag Jember atas prestasi yang di raih di tingkat Nasional diantaranya:

  1. Nur Kholifah, Penyuluh Agama Islam Kec. Silo, Juara 1 tingkat nasional kategori Metode Penyuluhan Baru pada ajang Penyuluh Agama Islam Award Tahun 2023.
  2. Musfardilah, guru TK Pratiwi Jember, Juara 1 tingkat nasional pada ajang Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi jenjang PAUD/TK Tahun 2023.
  3. Nur Aliyah, Kepala MTsN 2 Jember, Juara 2 tingkat nasional pada ajang Anugerah GTK Madrasah Tahun 2023 Kategori GTK Madrasah Berprestasi.
  4. Nouval Hamdani Wahid, Santri Ponpes Nurul Qarnain Sukowono, Juara 1 Marhalah Ula Bidang Akhlak pada ajang Musabaqah Qira’atil Kutub tingkat nasional.
  5. Muhammad Sayyaf Al Farisi, Santri Ponpes Nurul Islam Sumbersari, Juara harapan 1 Marhalah Ula Bidang Tauhid pada ajang Musabaqah Qira’atil Kutub tingkat nasional.

 

Editor:
Holid Hikmatullah
Kontributor:
Holid Hikmatullah
Penulis:
Holid Hikmatullah
Fotografer:
Triastono Rokhman

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -