Berita

Senam Moderasi Beragama 2022 Dalam Rangka HAB Kementerian Agama ke-77 dan Hari Jadi ke-94 Kabupaten Jember

Kamis, 22 Desember 2022 08:57 WIB
  • Share this on:

Jember (Humas) – Untuk pertama kalinya Kepala Kantor Kemenag Jember bersama Bupati Jember,  Ketua TP PKK, Forkopimda Jember, serta beberapa tokoh lintas agama melakukan senam moderasi beragama dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-77 dan Hari Jadi ke-94 Kabupaten Jember, Selasa (20/12/2022).

Kegiatan senam yang di awali dengan pemberian santunan kepada anak yatim tersebut mengusung tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat” berlangsung mulai pukul 06.00 WIB, bertempat di Alun-alun Kota Jember dan di di ikuti oleh 2.000 peserta ASN di lingkungan Kantor Kemenag Jember. Diantara peserta senam nampak ikut ambil bagian  Ketua dan wakil TP PKK Kab. Jember, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Jember, Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Komandan Kodim 0824 Jember, Ketua  Pengadilan Negeri Jember, Ketua Pengadilan Agama Jember, PJ Sekda Jember, Ketua FKUB Jember, Ketua MUI Jember, Ketua Musyawaran Antar Gereja Jember, Ketua Pastor Gereja Katholik Santo Yusuf Jember, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jember, Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Jember, serta para kepala OPD Pemkab. Jember.

Bupati Jember Hendy Siswanto saat membuka acara Senam Moderasi, memberikan apresiasi kepada Kemenag Jember atas inisiatif kolaborasi bersama berbagai stakeholder, khususnya Pemkab Jember melalui simbol senam moderasi beragama.

Orang nomor satu di Pemkab Jember ini juga menuturkan, program kerjasama antara kedua pihak ini harus semakin ditingkatkan. Mengingat masih tingginya problem di kalangan masyarakat Jember, seperti pernikahan dini, angka perceraian yang tinggi, banyaknya kasus AKI/AKB dan lainnya. Beliau juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin yang sangat antusias dan bersemangat mengikuti acara senam moderasi beragama ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember Muhammad menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Jember yang telah memfasilitasi dan mensupport Kegiatan Senam Moderasi Beragama ini, yang mana selama 4 tahun memimpin Kemenag Jember baru kali ini terealisasi mengadakan kegiatan di alun-alun Kota Jember.

Lebih lanjut Muhammad mengajak bersama-sama semua lintas agama dapat mendorong tumbuhnya rasa saling menghormati dan menghargai satu sama yang lain, tidak bisa orang lain saling percaya, menghormati, dan menghargai kalau kita tidak didasari oleh kesepahaman yang komprehensif, ungkapnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa dijadikan agenda tahunan dan adanya senam moderasi beragama ini semakin memperkuat dan meningkatkan hubungan persaudaraan antar Warga Kabupaten Jember, yang terdiri dari berbagai Suku, Agama dan Budaya’, pungkasnya.

Seusai Senam Moderasi Beragama, peserta dihibur dengan hiburan musik dangdut dan pengundian kupon berhadiah. Diantara pengundian kupon berhadiah juga diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar Kementerian Agama dan Pemerintah Kabupaten Jember oleh Kepala Kantor Kemenag Jember. (hld)

Editor:
Muhamad Fauzi
Kontributor:
Holid Hikmatullah
Penulis:
Holid Hikmatullah
Fotografer:
Holid Hikmatullah

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -