Berita

Songsong Era Digital ‘Society 5.0’, Kemenag Jember Terapkan Aplikasi SRIKANDI

Sabtu, 23 Desember 2023 06:52 WIB
  • Share this on:

Jember (Humas) – Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) merupakan aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola naskah elektronik, berdasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan, aplikasi SRIKANDI akan digunakan oleh seluruh K/L di Indonesia.

Aplikasi SRIKANDI merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Bahwa dalam rangka mendukung salah satu program prioritas Kementerian Agama yaitu Transformasi Digital dan berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 788 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pada Kementerian Agama maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember dalam menyongsong Era Digital ‘Society 5.0’ menyiapkan 4 aspek yaitu : People, Actions, Collaboration, and Technology, dimana pada era ini lebih menitikberatkan pada integrasi antara teknologi modern dengan keahlian manusia dalam inovasinya. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI pada unit kerja Kantor Kementerian Agama Kab. Jember beserta seluruh satuan kerja (satker) dibawahnya”, tutur Asri Yulianti, Pranata Komputer Kantor Kemenag Jember, pada saat kegiatan Sosialisasi SRIKANDI di salah satu Madrasah Negeri dan KUA.

Aplikasi SRIKANDI telah diimplementasikan pada Kantor Kementerian Agama Kab. Jember pada tanggal 01 Oktober 2023, dan akan diimplementasikan secara serentak pada seluruh satker baik Madrasah Negeri dan KUA Kecamatan se-Kab. Jember mulai 01 Januari 2024. Oleh karena itu Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI dilakukan secara serentak pada satker Madrasah Negeri dan KUA pada tanggal 06 s.d 22 Desember 2023 oleh Tim SRIKANDI yang merupakan kolaborasi antara fungsional Arsiparis dan Pranata Komputer Kantor Kemenag Jember.

Pada sosialisasinya, Fauziah Inwinarni, fungsional Arsiparis Kantor Kemenag Jember menyampaikan bahwa Srikandi akan mempermudah kita dalam mengarsip setiap file naskah masuk maupun naskah keluar yang ada di kantor, sehingga akan mempermudah pencarian arsip, dan dapat menghemat penyimpanan arsip karena arsip disimpan di server cloud aplikasi SRIKANDI yang telah disediakan. “Sedangkan Admin Aplikasi SRIKANDI pada Madrasah Negeri dan KUA perlu mempersiapkan user (pengguna) agar dapat menerima disposisi online oleh pimpinan satker masing-masing melalui aplikasi SRIKANDI”, tutur Muhamad Fauzi, Pranata Komputer pada Kantor Kemenag Jember.

Harapannya dengan diimplementasikannya aplikasi SRIKANDI, Kemenag Jember dapat meningkatkan layanan masyarakat dengan lebih Cekatan (Cepat, Efektif, Akurat, Tuntas dan Efisien) karena telah didukung oleh sistem pengelolaan kearsipan dinamis dan tata naskah dinas berbasis elektronik.

Editor:
Asri Yulianti
Kontributor:
Asri Yulianti
Penulis:
Asri Yulianti
Fotografer:
Holid Hikmatullah

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -